Minggu, 28 Oktober 2012

Seru! Festival Budaya & Kuliner Belitong Digelar di Jakarta



Jakarta - Belum punya rencana akhir pekan ini? Datanglah ke area Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat. Mulai pagi tadi hingga besok malam, digelar Belitong Culture & Culinary Expo 2012. Yuk, kenali lebih dekat negeri Laskar Pelangi!

Sejak novel Laskar Pelangi terbit di Indonesia, nama Belitong seperti mencuat ke permukaan. Pulau di pesisir timur Sumatera ini, ternyata, punya keindahan yang luar biasa. Pantai-pantainya bak surga, bahkan banyak yang belum terjamah.

Tapi, pantai bukanlah satu-satunya daya tarik wisata di Belitong. Banyak hal yang wisatawan perlu ketahui dan eksplorasi di pulau ini mulai dari alam, budaya, sampai tradisi dan sejarah. Nah, untuk mengenal lebih dekat negeri Laskar Pelangi ini, datang saja ke Belitong Culture & Culinary Expo 2012 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat.

"Acara ini digelar untuk mengajak wisatawan, ini lho Belitong. Juga menjadi gol bagi Pulau Belitong untuk menuju destinasi wisata Asia," kata Ir Bambang Irawan Siswady, Project Director Belitong Culture & Culinary Expo 2012 dalam sambutannya di Parkir Timur Senayan, Sabtu (3/11/2012).

Acara yang digelar mulai pagi tadi sampai Minggu (4/11) ini diramaikan oleh pameran foto, pameran kuliner, seni budaya, expo perhotelan, juga seminar wisata dan dialog budaya. Dalam pameran kuliner, akan diperagakan beragam makanan khas Belitong seperti Gangan Kepala Ikan Ketarap dan Ketam Isi.

"Gangan Kepala Ikan Ketarap dan Ketam Isi adalah ikon pada expo kuliner Belitong kali ini," kata Usmandie A Andeska, Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Belitong di Jakarta dalam sambutannya.

Acara ini sekaligus memperkenalkan wisatawan tentang Belitong yang siap menjadi wisata andalan di Asia. Bupati Belitong Timur, Basuri Cahya Purnama, mengatakan Belitong telah menjadi tuan rumah dan tempat singgah beberapa ajang internasional.

"Tahun ini, Belitong jadi tuan rumah Festival Barongsai Internasional. Sail Morotai kemarin, 44 yacht mampir di Manggar. Ini membuktikan Belitong sudah terbuka untuk dunia internasional," kata Basuri.

Hari ini mulai pukul 13.30-16.00 WIB, digelar demo dan lomba masak kuliner Belitong. Acara dilanjutkan pukul 19.00-21.30 WIB dengan pentas seni dan budaya Belitong.

Besok mulai pukul 06.30 WIB, digelar Belitong Fun Bike 2-12 dengan rute Parkir Timur Senayan-Bundaran HI lalu kembali lagi ke Parkir Timur. Pukul 10.30-13.00 WIB, digelar pentas seni budaya dilanjutkan dengan drama tari "Laskar Pelangi". Para pemain film Laskar Pelangi termasuk Mathias Muchus, Cut Mini, juga Andrea Hirata rencananya akan hadir.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.