Senin, 29 Oktober 2012

Pesawat Mana yang Punya Tempat Duduk Paling Lega?


Jakarta - Bangku pesawat bisa jadi penentu awal liburan Anda. Duduk lama di bangku sempit dan ruang kaki yang pendek tentu akan membuat sebal. Inilah maskapai-maskapai dengan bangku ternyaman dan juga terburuk. 

Majalah Business Traveller bekerja sama dengan situs Seatplans.com menggelar survey berdasarkan data dari 32 maskapai besar di dunia, diintip dari News Australia, Jumat (2/11/2012). Survey ini mengungkap maskapai mana saja yang memiliki ruang kaki yang lebih panjang dan pendek. Juga, maskapai mana yang bangkunya lebih lebar atau sempit.

Setelah mengecek lebih dari 8.000 data dari masing-masing maskapai tersebut, akhirnya terungkaplah mana saja yang memiliki bangku ternyaman atau malah yang terburuk. Survey ini menunjukkan bahwa pemilik bangku tersempit di dunia adalah maskapai low budget Ryanair dengan lebar bangku hanya 40,6 cm.

Sedangkan pesaingnya, easyJet malah mendapat ranking ke-6 dengan lebar bangku mencapai 43,1 cm. British Airways mendapat posisi 8 dalam masalah lebar bangku dengan minimal 43,9 cm dan maksimal 45,7 cm. Nah, maskapai dengan bangku terlebar di dunia adalah Emirates yang memiliki lebar bangku minimal 45,7 cm dan maksimal 52 cm. 

Jika dalam lebar bangku easyJet lebih unggul dari Ryanair, beda ceritanya jika sudah menghitung panjang ruang kaki. Ruang kaki dihitung dari punggung bangku penumpang hingga punggung bangku depannya. easyJet memiliki ruang kaki hanya sepanjang 73,6 cm sedangkan Ryanair sepanjang 76,2 cm. Ini menyebabkan easyJet berada di ranking kedua terakhir yaitu ranking 31 dan Ryanair berada di ranking ke-24. 

"Jika traveler terbang dengan kelas Ekonomi, perbedaan satu-dua centi sangat berpengaruh setelah duduk selama beberapa jam. Jadi, ini penting untuk diketahui bahwa Ryanair memiliki ruang kaki lebih panjang dibanding easyJet," ungkap editor survey, Jenny Southan. 

Traveler yang badannya pendek mungkin bisa memilih terbang bersama easyJet karena tidak masalah dengan panjang ruang kaki dan malah mendapat bangku yang lebih lebar dibanding Ryanair. Namun traveler yang lebih tinggi tentu akan memilih Ryanair karena pertimbangan ruang kakinya.

Ternyata ada ruang kaki yang lebih pendek dari easyJet, yaitu Iberia, anak maskapai dari British Airways. Iberia hanya menyediakan ruang kaki sepanjang 71,1 cm. Namun ini hanya ada di pesawat Iberia jenis A319a dan A320s. Pesawat Iberia lainnya biasanya memiliki ruang kaki yang cukup panjang yaitu minimum 76,2-81,2 cm.

Siapa yang punya bangku paling lega? Cathay Pacific dan Singapore Airlines berada di ranking pertama dalam masalah panjang ruang kaki. Mereka memiliki ruang kaki sepanjang 81,2 cm. British Airways berada di ranking 21 dengan ruang kaki sepanjang 76,2-78,7 cm. Maskapai Virgin Atlantic memiliki bangku yang dianggap memuaskan dengan lebar bangku 44,4 cm dan panjang ruang kaki 81,2 cm. 

Bagi Traveler yang ingin mendapatkan kenyamanan mirip dengan kelas Bisnis namun enggan membayar terlalu mahal, bisa membeli kelas Ekonomi Premium. Untuk ruang kaki kelas Ekonomi Premium terbaik ada di Turkish Airlines dengan panjang 116,8 cm. Sedangkan bangku terlebar dalam kelas ini dimiliki oleh Virgin Atlantic yaitu selebar 53,3 cm. 

Sudah tahu mau pilih maskapai yang mana?

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.